Thursday, August 29, 2013

Khasiat Manggis - Manfaat & Efek Sampingnya

Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan buah tropis dikatakan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan . Sering dipuji karena efek antioksidan-nya , bahkan ada yang menyebutnya " superfruit . "
Senyawa yang penting di dalam buah manggis disebut xanthones . Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa xanthones mungkin menawarkan manfaat tertentu , efek kesehatan dari manggis masih harus dipelajari secara ekstensif .

Manfaat Kesehatan Manggis 

Sampai saat ini , hanya sedikit studi yang menguji efek manggis pada kesehatan manusia . Dalam penelitian eksperimental , para ilmuwan telah menunjukkan bahwa ekstrak manggis memiliki antioksidan , anti - inflamasi , antibakteri , antivirus dan anti - tumor .

Selain itu , penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa ekstrak manggis dapat membantu melindungi otak dari efek racun dari amiloid beta ( zat yang membentuk penyakit otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer ) . Ada juga beberapa bukti bahwa menerapkan ekstrak manggis pada kulit dapat membantu mengobati jerawat . Namun, penting untuk dicatat bahwa apa yang terjadi dalam tabung test didalam lab belum tentu memberikan hasil actual yang sama.

Dalam salah satu uji klinis dari beberapa pengujian efek dari manggis , peneliti menemukan bahwa manggis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food tahun 2009, studi ini melibatkan 59 orang dewasa yang sehat. Selama 30 hari, peserta penelitian dibagi menjadi dua grup. Grup pertama mengkonsumsi obat plasebo dan grup kedua mengkonsumsi produk extrak manggis. Pada akhir studi, anggota grup kedua yang mengkonsumsi extrak manggis mengalami peningkatan kekebalan tubuh yang signifikan dibandingkan dengan grup pertama. Manggis juga kelihatannya mempunyai kemampuan untuk mengurangi tingkat protein C - reaktif ( penanda inflamasi) .

Kanker

Meskipun ada klaim yang mengatakan bahwa manggis dapat membantu melawan kanker, tidak ada bukti yang mendukung penggunaan manggis dalam pengobatan kanker atau pencegahannya. Dalam laporan tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Society for Integrative Oncology, para peneliti memperingatkan bahwa pasien kanker harus berhati-hati dalam mengkonsumsi produk manggis . Manggis berpotensi dapat berinteraksi dengan pengobatan kanker dan juga mempengaruhi kadar gula darah.
Penggunaan untuk Manggis

Di Asia Tenggara , kulit buah manggis telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama beberapa generasi. Dalam pengobatan tradisional, kulit buah manggis dibuat teh dan digunakan untuk mengobati kondisi seperti diare , infeksi kandung kemih dan kencing bernanah (gonorrea) . Salep yang terbuat dari kulit manggis dapat diterapkan untuk mengobati ruam kulit (skin rashes).

Ada juga yang mengklaim bahwa manggis juga dapat membantu dengan masalah kesehatan berikut :
  • Alergi
  • Kecemasan
  • Katarak
  • Nyeri kronis
  • Depresi
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Inflamasi
  • Sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome)
  • Migrain
  • Penyakit Parkinson

Selain itu, beberapa pendukung menyarankan bahwa manggis dapat memperlambat proses penuaan , membantu dalam pencegahan Alzheimer, meningkatkan energi, menjaga kesehatan mata, merangsang sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang dan melindungi terhadap penyakit jantung .

Efek Samping Manggis

Penelitian menunjukkan bahwa xanthones dapat mengganggu pembekuan darah yang normal. Tidak diketahui apakah xanthones yang terkandung dalam manggis mungkin berinteraksi dengan obat pengencer darah (seperti warfarin) dan mungkin menyebabkan perdarahan .
Studi menunjukkan bahwa dosis tinggi xanthones dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan sedasi (efek mengantuk). Xanthone dapat menyebabkan efek sedasi yang berlebihan bila dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lain, dan mungkin beracun pada dosis tinggi. Penelitian pada manusia belum dilakukan.

Haruskah Anda Gunakan Manggis untuk Keperluan Kesehatan?

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan manggis untuk mengobati atau mencegah masalah kesehatan, ada baiknya mengkonsumsinya dalam bentuk suplement untuk menghindari overdosis dan bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai.

Perlu dicatat bahwa walaupun manfaat kesehatan manggis sering dikaitkan dengan kandungan xanthone-nya, beberapa khasiat obat dari manggis dapat dihasilkan dari senyawa lain yang ditemukan di kulitnya. Dikenal sebagai tanin, senyawa ini memiliki sifat anti - inflamasi, antiseptik. Tanin banyak pula ditemukan dalam tanam-tanaman lain seperti teh dan cranberry.

Suplement 

Sekarang banyak produk-produk suplement manggis yang beredar di pasaran sehingga memudahkan kita untuk memperoleh manfaatnya. 

No comments:

Post a Comment