Thursday, August 22, 2013

Khasiat Obat Dari Mentimun (Timun)

 Mentimun dan daunnya dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Mentimun (Cucumis sativus), atau sering juga disebut timun atau ketimun di beberapa daerah. Di Indonesia buah ini sering dimakan segar ketika mentah atau dijadikan bahan lalapan dinegara-negara barat dan mediteranian mentimun selain dimakan segar juga sering dijadikan pickle atau mungkin bisa diartikan asinan dalam bahasa Indonesia. Pickle merupakan makanan pelengkap juga digunakan dalam resep masakan. Meskipun mentimun diklasifikasikan sebagai buah-buahan, tetapi biasa disiapkan dan dimakan sebagai sayuran.

Dalam pengobatan di negara-negara barat, mentimun digunakan untuk membersihkan darah dan mengencerkan asam urat dan kristal asam urat dalam darah, yang membantu mencegah dan menyembuhkan asam urat. Timun juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini juga bersifat diuretik (bisa memperlancar buang air seni), berkhasiat menenangkan (sedative), mampu meredakan demam dan berkhasiat anthelmintik (kemampuan membunuh parasite).

Secara tradisional, karena bersifat manis dan dingin timun dianggap baik untuk limpa dan perut. Buahnya dapat digunakan untuk meringankan demam, detoksifikasi tubuh dan meningkatkan buang air kecil. Dimakan segar, dimasak atau diperas untuk jus untuk mengurangi demam, meredakan sakit tenggorokan dan mengobati edema (pembengkakan karena terlalu banyak air). 

Penggunaan

Makan 100-200 gram mentimun segar setiap hari dengan sedikit gula atau garam untuk meredakan sakit tenggorokan dan memuaskan dahaga.

Potong mentimun memanjang dan didihkan dengan sedikit cuka. Makan Timun yang telah dimasak tersebut di pagi hari, dalam keadaan perut kosong, untuk menyembuhkan edema.

Untuk mengobati disentri pada anak-anak, rendam mentimun muda dalam madu dan berikan pada anak hingga penyakit hilang.

Persiapkan sup dibuat dari mentimun segar dan ma (Plantago asiatica), tanpa akar, dapat membantu menyembuhkan kulit kuning dan edema.

Iris mentimun segar dan rendam dalam anggur beras dalam botol tertutup rapat. Untuk mengobati luka bakar, oleskan pada luka bakar beberapa kali sehari.

Potong mentimun lama memanjang dan keluarkan bijinya, tambahkan sedikit natrium sulfat ke dalam timun tersebut dan keringkan dalam gelap. Kulum sepotong timun kering ini dalam mulut untuk mengobati sakit tenggorokan.

Untuk mengobati kerutan, ruam atau bintik-bintik, potong mentimun segar menjadi irisan tipis dan tempelkan irisan ini ke bagian kulit tersebut setiap hari.


Untuk detoksifikasi tubuh, peras daun mentimun segar dan minum jusnya.

Supplement

Sekarang banyak produk-produk supplemen dari timun dapat kita temukan di pasaran sehingga memudahkan kita untuk memperoleh manfaatnya. Misalnya produk minyak biji mentimun; pelembab dan penghilang jerawat; scrub wajah dan banyak lagi.

No comments:

Post a Comment