Sunday, August 25, 2013

Khasiat Habbatus Sauda (Jinten Hitam)

bunga habbatus sauda
Habbatus Sauda atau di Indonesia juga dikenal dengan nama Jinten Hitam. Nama latinnya adalah Nigella sativa dan dikenal juga dengan nama Black Cumin Seeds atau juga Black Seeds. Tanaman ini mempunyai khasiat obat yang luar biasa banyak. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kerabat dari Nigella Sativa yang terlihat hampir sama akan tetapi tidak memiliki khasiat obat. Pertama ialah Nigella Damascus, tanaman ini indah untuk tanaman hias tapi tidak memiliki khasiat obat. Yang kedua ialah Nigella Garidella tanaman ini malah mengandung racun.

Habbatus Sauda atau Jinten Hitam adalah tanaman asli daerah beriklim panas iklim dan kering seperti Timur Tengah. Kepopuleran Habbatus Sauda semakin hari semakin meningkat. Ini terbukti dengan meningkatnya areal untuk penanaman setiap tahunnya.

Khasiat obat dari Habbatus Sauda atau Jinten Hitam untuk menyembuhkan penyakit sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Dalam Kristianiti referensi terhadap Habbatus Sauda atau Jinten Hitam dapat ditemukan dalam Perjanjian Lama, kitab Yesaya. Di dalam Islam referensi terhadap Habbatus Sauda atau Jinten Hitam dapat ditemukan dalam beberapa hadist diantaranya sebagai berikut:
"Sesungguhnya Al- Habbatus Sauda ' boleh menyembuh segala penyalit kecuali Al-Sam". Aku bertanya "Apakah Al-Sam itu?. Baginda menjawab, " Al-Sam itu ialah maut". (Riwayat Bukhari).

Selama ribuan tahun benih dan minyak Habbatus Sauda telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari asma, alergi, menyembuhkan luka hingga mengobati cacingan. Bahkan sebotol benih Habbatus Sauda atau Jinten Hitam ditemukan di makam Fir’aun Tutankhamen. Ini membuktikan bahwa tanaman ini sudah sejak lama dikenal khasiatnya, sebagaimana anggapan pada masa itu mungkin untuk memastikan kesehatannya di akhirat.

Karena Habbatus Sauda atau Jinten Hitam sangat banyak khasiatnya dan sangat diminati maka banyak juga ditemukan barang palsu di pasaran. Oleh karena itu anda harus extra hati-hati dalam membeli. Produk minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam terbaik berasal dari Mesir dimana proses extraksi minyaknya masih menggunakan metode tradisional yang telah dilakukan secara turun-temurun selama berabad-abad tanpa tambahan bahan kimiawi.

biji benih habbatus sauda
Habbatus Sauda atau Jinten Hitam sering disebut sebagai asal-muasal pengobatan kedokteran. Ibnu Sina dalam bukunya al-Qānūn fī al-Ṭibb (980-1037) itu menyatakan, " Habbatus Sauda menstimulasi energi tubuh dan membantu memulihkan kelelahan atau kurang semangat" Dioscorides (tabib Yunani terkenal 40-90 AD) menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit dan Hippokrates (filusuf Yunani 460 BC – c. 370 BC) menggunakannya untuk mengobati keluhan liver dan gangguan pencernaan. Dalam pengobat modern diakui bahwa Habbatus Sauda atau Jinten Hitam memiliki kualitas anti-bakteri yang kuat membuat tanaman ini efektif terhadap Kolera, E. coli, dan hampir semua strain Shigella (kecuali S. dysentriae), sering dibandingkan memiliki keampuhan yang sama bahkan juga mengalahkan (dalam beberapa kasus) obat-obatan anti-biotik.

Habbatus Sauda atau Jinten Hitam mengandung banyak gizi, berisi minyak 35%, yang sebagian besar adalah Asam Lemak Esensial (Essential Fatty Acids) dan 21% protein. Asam Lemak Esensial seperti Asam linoleat (Linoleic Acid) dan Asam Gamma-Linolenic (Gamma-Linolenic Acid) membantu memperkuat dan menjaga integritas sel, menyembuhkan kondisi kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, mengurangi keriput, dan menyembuhkan luka. Bahkan minyak Habbatus Sauda dapat dipakai sebagai tabir surya (sun screen lotion) Untuk memperharum aroma tambahkan sedikit minyak Lavender esensial.

Cleopatra (ratu mesir) sendiri menggunakan Habbatus Sauda atau Jinten Hitam untuk meningkatkan kecantikan dan vitalitas, dengan cara dikonsumsi atau dioleskan, minyaknya membuat kulit halus dan bercahaya. Cobalah masukkan setengah cangkir kismis kedalam 8 oz minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam selama sekitar satu minggu dan kemudian minumlah campuran tersebut satu sendok makan setiap hari untuk kulit indah. Anda bukan hanya akan mendapatkan kecantikan kulit tetapi minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam tersebut juga akan menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi otak, memberbaiki kerja syaraf dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Sejak tahun 1960, lebih dari 200 studi telah dilakukan untuk menguji khasiat obat dari Habbatus Sauda atau Jinten Hitam. Sebuah studi yang dilakukan di India pada tahun 1991 menemukan bahwa tanaman ini 100% efektif dalam mencegah pertumbuhan Ehrlich ascites carcinoma, bentuk umum dari kanker.

Minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam berkemampuan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dalam rangka meningkatkan ketahanan terhadap patogen. Studi yang dilakukan pada tahun 1986 dan 1993 menyimpulkan bahwa mayoritas subjek tes yang diberikan minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam menunjukkan peningkatan yang signifikan (hingga 72%) dalam rasio pembantu untuk menekan T-sel serta peningkatan natural killer (NK) fungsi sel. Hal ini amat penting dalam pengobatan berbagai Kanker, AIDS dan penyakit yang merusak kekebalan tubuh.

Para ahli telah meng-isolasi lebih dari seratus komponen kimia dalam Habbatus Sauda atau Jinten Hitam termasuk 15 asam amino 8 diantaranya sangat penting dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Vitamin dan mineral seperti karoten, kalium, kalsium dan zat besi, serta mono dan polisakarida yang juga berkontribusi terhadap manfaat keseluruhan minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam. Minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam menunjukkan sifat anti-kanker yang kuat yang telah terbukti meningkatkan apoptosis (kematian sel terprogram) dan secara efektif dapat menekan leukemia dan kanker pankreas.

Salah satu kandungan penting dalam Minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam adalah Nigellone yang merupakan anti-histamin kuat yang sangat baik untuk mengobati alergi musiman dan gejala asma dipicu oleh respon histamin. Sifat aktif dari tanaman ini adalah vasodilatasi (melegakan), mengurangi lendir dan me-rileks-kan saluran udara, sehingga cocok untuk pengobatan asma dan bronkitis kronis. Mengambil satu sendok teh minyak dua kali sehari dengan air panas atau dengan teh dan tambahkan sedikit madu adalah cara yang lezat untuk mengurangi asma dan gejala alergi tanpa efek samping. Ketika konsumsi dalam jangka panjang, setidaknya 3-6 bulan, penelitian telah menunjukkan bahwa minyak Habbatus Sauda atau Jinten Hitam dapat membawa perbaikan 90% dalam gejala alergi.

Habbatus Sauda atau Jinten Hitam sering digunakan dalam resep kuliner di banyak Negara walau tidak demikian di Indonesia karena tumbuhan ini memang bukan asli Indonesia, ia memiliki efek menguntungkan pada pencernaan. Diantaranya, Habbatus Sauda atau Jinten Hitam ini mencegah kembung, gas dan kram perut, serta menghilangkan diare dan muntah.
minyak habbatus sauda


Nah.. setelah mengetahui begitu banyaknya khasiat obat dari Habbatus Sauda atau Jinten Hitam maka cobalah untuk selalu menambahkan Jinten Hitam dalam masakan anda dan biasakanlah meminum minyaknya satu atau dua sendok teh setiap hari.. dan rasakan perbedaannya. Dan yang paling penting belilah yang asli. Manfaat yang saya utarakan dalam dalam artikel ini hanyalah sebagian kecil dari banyak khasiat dari Habbatus Sauda. Masih banyak manfaat lainnya diantaranya menambah Vitalitas, Vigor, Kekuatan dan juga meningkatkan libido.

Supplement

Sekarang banyak produk-produk supplement habbatussauda yang beredar di pasaran dengan berbagai kombinasi dan bentuk yang menambah manfaat.

No comments:

Post a Comment