Wednesday, August 7, 2013

Khasiat Serai


Serai (atau sere) memiliki sangat banyak manfaat medis. Mulai dari menjadi penenang perut hingga dapat menjadi penangkal nyamuk yang efektif serta dapat pula membunuh jamur (fungisida). Sebuah studi terbatas yang dilakukan di University of Wisconsin mengungkapkan bahwa sejumlah orang yang mengkonsumsi serai dalam bentuk kapsul (140 mg) setiap hari selama tiga bulan mengalamipenurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol, dan kadar kolesterol mereka kembali ke level sebelumnya ketika mereka berhenti minum kapsul serai tersebut. Jelas, ini menunjukkan bahwa serai dapat membantu mengurangi kolesterol pada individu tertentu.

Khasiat serai lain nya adalah sebagai berikut: Membuat teh dan minum 1-4 cangkir per hari untuk menghilangkan hidung tersumbat, batuk, gangguan kandung kemih, sakit kepala, demam, sakit perut,masalah pencernaan, diare, gas, kejang usus, muntah, gejala flu, berkahsiat juga sebagai obat penenang ringan, dan juga dapat membantu mengeluarkan keringat .




Minyak serai dapat digunakan eksternal. 10 tetes minyak serai atau secukupnya dapat dioleskan langsung ke daerah yang bermasalah misalnya untuk mengobati kutu air, luka, goresan, nyeri sakit pinggang, linu panggul (sciatica), keseleo, tendonitis, neuralgia, masalah peredaran darah, dan rematik. Hal ini juga bisa digunakan pada wajah untuk membantu membersihkan jerawat dan membersihkan pori-pori kulit, dan daun segar dapat ditumbuk dan digosok pada kulit sebagai penghalau serangga dan nyamuk.

Gunakan serai di saat mandi sebagai aromaterapi yang memberikan efek menenangkan dengan menempatkan kantong tumbukan segenggam daun serai di bawah air keran yang mengalir, kemudian membiarkan kantong tumbukan serai tersebut terendam dalam air mandi anda ketika anda mandi. Anda akan merasakan efek relaxing-nya.

Serai aman untuk digunakan dalam moderasi, tapi harus dihindari oleh anak-anak, wanita hamil, dan orang-orang dengan penyakit ginjal atau hati.

Produk dari Serai

Sekarang banyak produk-produk dari serai yang beredar di pasaran sehingga memudahkan kita untuk memperoleh manfaatnya.

No comments:

Post a Comment