Wednesday, July 31, 2013

Khasiat Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya atau aloe vera telah dikenal selama berabad-abad mempunyai sifat penyembuhan. Penggunaan secara oral (di jus atau dimakan) dan atau di oleskan pada kulit telah lama didokumentasikan  memfasilitasi penyembuhan segala jenis luka kulit, terbakar, atau melepuh - bahkan mempercepat waktu pemulihan setelah operasi. Lidah buaya dapat digunakan pada luka lecet, gigitan serangga, gatal-gatal, luka, herpes, ruam, kutu air, jamur, infeksi vagina, konjungtivitis/ sakit mata, reaksi alergi, dan kulit kering. Lidah buaya segar adalah yang terbaik, tetapi product komersial juga dapat digunakan, terutama untuk pemakaian oral, karena tanaman ini rasanya kurang begitu disukai. Penggunaan topikal lainnya termasuk jerawat, kulit terbakar, radang dingin/frost bite (dapat mencegah penurunan aliran darah), herpes zoster, menyaring radiasi sinar x, psoriasis, mencegah timbulnya parut akibat luka, rosacea, kutil, keriput dari penuaan, dan eksim.

Secara internal, lidah buaya menunjukkan prospek nyata dalam memerangi AIDS, hasil riset menunjukkan bahwa virus menjadi tidak terdeteksi pada beberapa pasien yang menggunakannya secara teratur, karena kemampuan lidah buaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga tampaknya membantu mencegah infeksi oportunistik pada kasus HIV dan AIDS. Tampaknya sangat membantu pada pasien kanker (termasuk kanker paru-paru) dengan mengaktifkan sel-sel darah putih dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel non-kanker. The National Cancer Institute telah memasukkan Aloe Vera dalam rekomendasi mereka untuk pengujian lebih mendalam karena melihat sifat lidah buaya yang mempunyai kemampuan memerangin kanker yang cukup baik. Jika diminum/dimakan, lidah buaya juga dapat menyembuhkan panas dalam, arthritis dan nyeri rematik dan asma, dan studi telah menunjukkan bahwa ia memiliki efek pada menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Situasi dimana lidah buaya dapat diminum/dimakan antara lain untuk mengobati susah buang air, cacingan, gangguan pencernaan, sakit maag, radang usus, wasir, masalah hati seperti sirosis dan hepatitis, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih, masalah prostat, dan untuk pen-detox umum. Banyak orang yg merasa lebih sehat secara keseluruhan setelah mengkonsumsi lidah buaya ini disebabkan oleh banyaknya khasiat yg terkandung.

Secara komersial, lidah buaya dapat ditemukan dalam bentuk pil, semprotan, salep, lotion, cairan, minuman, jeli, dan krim, dan masih banyak lagi. Sayangnya, tidak ada regulasi yg mengatur industri lidah buaya. Banyak produk yang mengiklankan konten lidah buaya tetapi pada kenyataannya mengandung sangat sedikit konten lidah buaya. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan produk komersial anda harus membaca baik-baik kandugan dari produk tersebut . Carilah produk yg kata lidah buaya muncul di dekat bagian atas daftar bahan utama, kemudian ikuti petunjuk di bawah ini untuk beberapa jenis produk:

Perawatan Sunburn - 20% atau lebih konten lidah buaya

Krim & Salep - 20% atau lebih konten buaya

Jus - 95% atau lebih konten lidah buaya

Minuman - 50% atau lebih konten lidah buaya

Minuman - 10% atau lebih konten lidah buaya

Kapsul - 5-10% atau lebih konten lidah buaya

Mengenai dosis, mulailah dari dosis kecil dan tingkatkan dosis Anda sampai dosis terapi. Jus adalah cara yang baik untuk memulai, dan pil mungkin adalah cara yg paling kurang baik dalam menggunakan lidah buaya. Jangan terburu-buru untuk mau melihat hasilnya. Terkadang dibutuhkan beberapa bulan bagi untuk melihat efek nyata perawatan lidah buaya, jadi jangan menyerah terlalu cepat.

Lidah buaya aman bila digunakan dalam moderasi (jangan berlebihan), tetapi ada beberapa kontraindikasi. Jika Anda memiliki masalah jantung dan menggunakan jenis obat digitalis, konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi lidah buaya atau  produk lidah buaya, karena interaksi dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur. Hindari konsumsi jika Anda sedang hamil atau menyusui, menstruasi, karena lidah buaya dapat menyebabkan kontraksi rahim.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment